Notification

×

INDEKS BERITA

Tag Terpopuler

Pabila Didukung Parpol dan Masyarakat, Sarlina Putri Nyatakan Siap Mundur dari ASN dan Maju di Pilwakot Sawahlunto 2024

Sabtu, 20 Januari 2024 | Januari 20, 2024 WIB Last Updated 2024-01-21T07:53:30Z

Sawahlunto | Jelang Pemilihan Walikota (Pilwakot) 2024, nama Ketua Yayasan Varisha Peduli Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Sarlina Putri, SE. M.Par, kian berkibar.

Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Sawahlunto yang kini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pustaka Kota “Arang” Sawahlunto itu—kini, ia digadang-gadangkan sebagai salahsatu kandidat perempuan pertama bakal calon walikota (Bacawakot) di Kota “Kuali” Swahlunto.

Bahkan, hasil survei jejak pendapat (polling) yang dilakukan Jurnalsumbar.Com, sejak 27 September 2022, lalu, hingga Senin (24/4/2023), Sarlina Putri telah didukung sebanyak 1.057 votes (33%) dari total Votes: 3.239 orang dan dilihat 14.713 nitizen.

Menurut informasi, Sarlina sendiri didukung kalangan emak-emak. Bahkan kaum hawa di Kota Sawahlunto banyak menghendaki Sarlina untuk maju sebagai Cawakot pada Pilwakot 2024 mendatang.

Hal itupun tak ditampik Sarlina. “Iya, banyak kalangan perempuan menghendaki saya untuk maju sebagai kandidat Cawakot. Saya hanya tersenyum menjawab pertanyaan masyarakat tersebut,”kata Sarlina, Kamis (20/4/2023) lalu.

“Untuk maju sebagai Cawakot itu perlu adanya dukungan yang kuat dan parpol tentunya. Jika memang parpol siap mengusung saya, maka saya siap untuk maju. Baik sebagai Cawakot maupun Cawawakot tentu harus siap,”papar Perempuan yang dikenal merakyat itu.

“Karena saya ASN, maka jika memang ada kesedian parpol untuk meminang saya sebagai kandidat, maka saya harus siap untuk mundur sebagai ASN. InshaAlloh saya siap untuk itu,”jelas Sarlina.

Bila memang benar Sarlina dipercaya maju sebagai Calwakot, maka dia perempuan pertama di Sumatera Barat yang memberanikan diri maju sebagai calon kepala daerah (Cakada). Termasuk ia berjanji akan  memperhatikan media sebagai ujung tombak promosi.

“Ingat, gimana perjuangan RA Kartini, Habis Gelap Terbitlah Terang, sudah saatnya emansipasi wanita diperlihatkan, perempuan juga bisa. Toh banyak yang jadi kepala daerah, menteri bahkan presiden. Tak ada yang mustahil jika masyarakat dan parpol mendukung dan menghendaki,”ujar wanita separoh baya itu optimis.

“Selamat Hari RA Kartini, semoga perempuan Indonesia setara dengan kaum laki-laki. Sebab, kesetaraan gender bukan perkara persaingan antara kaum perempuan dengan kaum laki-laki, melainkan upaya untuk memperjuangkan hak kemanusiaan,”imbuh Sarlina bangga dengan RA Kartini.

“Untuk kita ketahui , perjuangan R.A Kartini seyogyanya mengingatkan kaum perempuan untuk terus memperjuangkan hak-haknya. Sementara itu, untuk mewujudkan kesetaraan gender juga perlu peranan kaum laki-laki untuk berbagi ruang dan peran, serta mendukung kaum perempuan untuk berkembang dan meraih kesempatan seluas-luasnya.

“Hakikat dari kesetaraan gender adalah memastikan kaum perempuan dan laki-laki memiliki aksesibilitas terhadap sumber daya, serta dapat berpartisipasi dan terlibat dalam proses pembangunan sesuai dengan kepentingan dan aspirasinya. Jika hal ini dilakukan, maka manfaat pembangunan akan dirasakan secara adil dan setara. Kesetaraan gender dapat dicapai dengan merubah paradigma atau pola pikir laki-laki dengan memberi ruang kepada perempuan untuk bersama-sama menjadi subjek dalam pembangunan. Nah, tak salah mewakili kaum perempuan saya maju di Pilwakot Sawahlunto pada Pemilu Pilwakot 2024 mendatang,”ucap Sarlina mantap.

Dalam polling Jurnalsumbar.Com itu, nama Deri Asta,SH (Walikota Sawahlunto) menempati posisi kedua dengan raihan 811 votes (25%), posisi ketiga ditempatiIr. r. Irland M.M (Anggota DPRD Kota Sawahlunto) dengan dukungan 583 votes (18%) serta diposisi ke-empat dan kelimat ditempati, Ir. Hj. Neldaswenti, MSi (Anggota DPRD Sawahlunto) dengan 355 votes (11%) dan H.Dasrial Ery, SE,MM (Ketua PDI P Sawahlunto) meraih 183 votes (6%).

Sementara posisi ke-enam diraih Ronny Eka Putra S.Si (Embong) Ketua PKB Sawahlunto, dengan 142 votes (4%) disusul Dr. dr. Ambun Kadri, M.KM (Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto), 23 votes (1%), H. Jaswandi,SE (Wakil Ketua DPRD Sawahlunto), 22 votes (1%), Eka Wahyu,SE (Ketua DPRD Sawhlunto) 18 votes (1%) dan posisi ke-10 ditempati, Rico Alviano,ST (Anggota DPRD Sumbar) dengan dukungan 14 votes.*


Sumber: Jurnalsumbar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update